PAKEM pewayangan adalah paugeran
pergelaran wayang yang harus dipatuhi oleh para dalang. Meskipun
demikian, isen-isen ajaran dalam pergelaran wayang harus disesuaikan
dengan perkembangan zaman. Nut jaman kelakone. Bahkan dalam adegan
tertentu, omongan tokoh-tokoh tertentu juga tidak ditabukan glenyengan
atau dleweran ke permasalahan yang sedang aktual di masyarakat. Bahkan
ketika sedang dalam jejeran, tiba-tiba Janaka terkentut, sebenarnya juga
bukan hal yang tabu. Bukankah Janaka itu juga gambaran sesosok manusia
biasa?
Pernyataan
itu disampaikan Ki Hadi Sugito kepada KR pada tahun 1987. Saat itu gaya
pewayangan Ki Hadi Sugito dinilai telah mengalami loncatan jauh maju ke
depan, inovatif dan kreatif. “Dalam soal lakon, kalau memainkan
lakon-lakon babonan saya selalu sama persis dengan apa yang ada di pakem
lakon. Tetapi kalau memainkan cerita-cerita carangan, saya memang
banyak menafsirkan sendiri dan saya sesuaikan dengan situasi dan kondisi
sewaktu saya mendalang. Cerita-cerita carangan itu kan juga diciptakan
sendiri oleh mbah-mbah buyut kita?” tegas Ki Hadi Sugito saat itu.
Selain
dikenal ada keseimbangan antara tontonan (entertainment) dan tuntunan
(ajaran pendidikan), gaya pedalangan Ki Hadi Sugito sejak tahun 70-an
dikenal selalu dikemas segar namun berbobot. Kehebatan vokal dan
antawecana dalang asal Kulonprogo itu dikenal sangat enak didengar dan
ada harmoni antara suara dalang dengan gendhing pengiring. Karena itu
banyak panggemar wayang kulit yang merasa seolah-olah melihat kehidupan
nyata ketika mendengarkan pergelaran wayang kulit oleh Dalang Hadi
Sugito, meskipun hanya lewat siaran radio atau rekaman audio.
Peran
sentral Ki Hadi Sugito dalam pergelaran wayang kulit gagrak Yogyakarta
sudah tidak diragukan. Ia adalah salah satu dalang yang tetap berpegang
kuat pada pakem pergelaran wayang kulit gaya Yogya. Ia sama sekali tidak
terseret arus dalang-dalang lain yang ‘terjebak’ pada pergelaran wayang
yang hanya mengutamakan segi tontonan dan mengabaikan fungsinya sebagai
tuntunan.
Dalam kondisi para pemerhati seni tradisi sedang prihatin lantaran jagad perkeliran yang sedang carut-marut, 9 Januari lalu mendadak terdengar kabar bahwa Sang Maestro Dalang Yogya, Ki Hadi Sugito, meninggal dunia. Berita itupun benar adanya, dan Ki Hadi Sugito dimakamkan di Sasana Laya Genthan Panjatan Kulonprogo, 10 Januari 2008 tepat 1 Sura 1941 (1 Muharam 1429 H).
Keprihatinan para pemerhati seni dan para dalang wayang kulit klasik bertambah, karena saat ini sebenarnya pedalangan gaya Yogya sangat memerlukan tokoh panutan, seperti Ki Hadi Sugito. Keprihatinan itu antara lain diungkapkan oleh Ki Cerma Sutedjo, Ki Sumono Widjiatmodjo dan sejumlah dalang lain. Sebab menurut mereka, dalang merupakan faktor utama keadiluhungan pergelaran wayang kulit. “Untuk saat ini Ki Hadi Sugito adalah figur yang paling pas dijadikan panutan para dalang muda khususnya, agar pergelaran wayang gaya Yogya tetap adiluhung,” kata Ki Cerma Sutedjo.
Dalam kondisi para pemerhati seni tradisi sedang prihatin lantaran jagad perkeliran yang sedang carut-marut, 9 Januari lalu mendadak terdengar kabar bahwa Sang Maestro Dalang Yogya, Ki Hadi Sugito, meninggal dunia. Berita itupun benar adanya, dan Ki Hadi Sugito dimakamkan di Sasana Laya Genthan Panjatan Kulonprogo, 10 Januari 2008 tepat 1 Sura 1941 (1 Muharam 1429 H).
Keprihatinan para pemerhati seni dan para dalang wayang kulit klasik bertambah, karena saat ini sebenarnya pedalangan gaya Yogya sangat memerlukan tokoh panutan, seperti Ki Hadi Sugito. Keprihatinan itu antara lain diungkapkan oleh Ki Cerma Sutedjo, Ki Sumono Widjiatmodjo dan sejumlah dalang lain. Sebab menurut mereka, dalang merupakan faktor utama keadiluhungan pergelaran wayang kulit. “Untuk saat ini Ki Hadi Sugito adalah figur yang paling pas dijadikan panutan para dalang muda khususnya, agar pergelaran wayang gaya Yogya tetap adiluhung,” kata Ki Cerma Sutedjo.
Dalang
asal Surakarta, Ki Purba Asmoro SKar MHum menilai bahwa kalau
mendalang, seolah roh Pak Hadi Sugito bisa masuk ke tubuh wayang,
terutama kalau sedang memainkan tokoh Durna, Togog dan Mbilung.
Kehebatan antawecana sampai membuat wayang seolah benar-benar hidup pada
zaman sekarang, adalah kemampuan Ki Hadi Sugito yang tidak dimiliki
oleh dalang-dalang lain. “Pak Gito benar-benar dapat menghidupkan wayang
sesuai zamannya. Namun pergelaran wayang yang dimainkan Ki Hadi Sugito
tetap bergaya klasik, sesuai aturan dan tatanan yang adiluhung,” tegas
Ki Purbo ketika mewakili para seniman dalam upacara pemberangkatan
jenazah Ki Hadi Sugito, Kamis (10/1) lalu.
Sebagai
pelaku kesenian adiluhung, lanjut Ki Purbo, pengabdian Ki Hadi Sugito
sudah tatas-tuntas. Ia telah mendarmabaktikan hidup sepenuhnya kepada
kesenian tradisional yang adiluhung menjadi kesenian yang mampu
mengikuti perkembangan zaman. “Sikapnya yang enthengan kepada sesama
seniman dan sikapnya yang tegar berpegang pada pakem pewayangan klasik
Gagrak Ngayogjakarta, merupakan sikap yang sangat pantas diteladani,
agar pergelaran wayang kulit benar-benar tetap adiluhung,” tandasnya.
Tentang
keadiluhungan pergelaran wayang, Ir Haryono Haryoguritno dari
Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Senawangi) mengatakan, suatu
karya seni dapat mencapai kemahakaryaan karena ditentukan oleh manusia
pelaku seni (seniman yang bersangkutan, dalam hal ini dalang), suasana
sekitar yang mendukung pergelaran, iklim berkesenian di suatu daerah,
dan faktor-faktor lain yang mendukung keadiluhungan pergelaran wayang.
Mengutip
isi buku pedalangan Sastramiruda, Ir Haryono Haryoguritno menguraikan
bahwa untuk menuju keadiluhungan pergelaran wayang, seorang dalang harus
memenuhi 12 syarat. Di antaranya antawecana (menyuarakan secara tepat
masing-masing tokoh wayang), renggep (dapat menyajikan tontonan yang
mengasyikkan, nges (dapat mendramatisasi adegan sehingga mampu
membangkitkan rasa keterlibatan penonton/pendengar), tutug (dapat
menyajikan lakon sampai tuntas), gecul/banyol (dapat membuat lelucon)
dan kawiradya (dapat membedakan janturan untuk masing-masing adegan.
Ketua
Pepadi Kulonprogo, Ki Sumono Widjiatmodjo mengatakan, Pak Gito sangat
dikenal sebagai dalang gecul ning ora saru. Dalam hal antawecana, Pak
Gito sangat jagoan, terutama ketika memainkan tokoh Durna, Togog dan
Mbilung. Bahkan dalam lakon Bagong Kembar, penonton atau pendengar dapat
dengan jelas membedakan mana Bagong yang asli dan yang palsu.
“Soal nges lan greget, Pak Gito selalu dapat menarik perasaan orang lain terlibat dalam pergelaran wayang. Apalagi kalau sedang memainkan tokoh Durna yang jahat, sehingga ada penonton di Ngambal Kebumen benar-benar sangat membenci Durna dan mencabut wayang Durna yang sedang dimainkan Ki Hadi Sugito,” kata Ki Sumono.
“Soal nges lan greget, Pak Gito selalu dapat menarik perasaan orang lain terlibat dalam pergelaran wayang. Apalagi kalau sedang memainkan tokoh Durna yang jahat, sehingga ada penonton di Ngambal Kebumen benar-benar sangat membenci Durna dan mencabut wayang Durna yang sedang dimainkan Ki Hadi Sugito,” kata Ki Sumono.
Sumber : http://kabar-jawa.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar