1. Nilai Variasi dipeta untuk tahun
1991 adalah 20
T.
Perubahan tahunannya ialah 12! T.
Hitunglah nilai Variasi untuk tahun tahun 2002, 2005 dan 2007.
2. Nilai Variasi dipeta untuk tahun
1991 ialah 20
B.
Increasing annually 10!. Hitunglah nilai
nilai Variasi untuk tahun tahun 1995,1999, 2003, dan 2007.
3. Nilai Variasi dipeta untuk tahun
1993 ialah 10. Decreasing annually
18!. Hitunglah nilai
nilai Variasi tahun tahun 1968, 2002, 2007, dan 2005.
4. Hitunglah Sembir, bila diketahui :
a. V = - 20 , D = - 40 d. V = + 20 , D = + 30
b. V = - 30 , D = + 20 e. V = + 30 , D = - 10
c. V = - 20 , D = - 50 f. V = + 10 , D = - 40
Lukislah pula keadaan keadaan
tersebut.
5. Carilah Variasi dengan perhitungan
dan lukisan, jika diketahui :
a. Sembir= - 20, D= - 30 d. Sembi = +30, D= + 40
b. Sembir= - 20, D= +10 e. Sembir= +30, D= -10
c. Sembir= - 20, D=+ 30 f. Sembir= + 3, D = -
50
6. Carilah Deviasi dengan perhitungan
dan lukisan, jika diketahui :
a. Sembir= - 40, V= - 20 d. Sembir= +20,V = + 60
b. Sembir= -30, V= + 20 e. Sembir= +30 ,V = - 20
c. Sembir= -20, V=
+ 6 f. Sembir= +10, V = - 40
7. Carilah Hp dan Hm dan Sembir dengan
perhitungan dan lukisan bila diketahui :
a. Hs = 0960 V = +30 D = - 20
b. Hs = 3580 V = - 20 D = - 40
c.Hs = 0310 V = +60 D = - 30
d. Hs = 2630 V =
+10
D
= 00
8. Diketahui Hs yang diperoleh = 2500 , var = 50 Barat dan dev = + 50 ,Rimban pada angin Barat Laut = 100. Hitunglah Haluan
Pedoman (Hp) yang dikemudikan.
9. Kapal berlayar dengan haluan 0100 diperairan teluk
Jakarta. Pada pukul 10.00 dibaring P. Damar Besar 3020 dan bersamaan itu
dalamnya air diperum 24,6 meter. Diketahui nilai Variasi = - 20 dan Deviasi = + 50.
Hitung dan lukislah posisi kapal
(Daftar pasang surut untuk Tg. Priok didapat tinggi pasang untuk hari itu pukul
10.00 = 0,8 meter10. Kapal berlayar dengan haluan sejati 3350, diketahui nilai
Variasi = 10
Timur
(T) dan Deviasi = + 20. Kemudian pada jam
17.00 membaring
lampu
suar Berhala dengan Baringan Pedoman = 3120, kemudian pada saat yang sama membaring Tanjung Jabung
dengan Baringan Pedoman
= 2620. Hitung dan lukislah
posisi kapal pada jam 17.00.
11. Kapal berlayar dengan haluan 810 , pada pukul 10.00
dibaring Pulau Ali 3540, kemudian pada pukul
10.30 Pulau Ali dibaring lagi 3030
PenunjukanTopdal pukul 10.00 = 134! dan pukul 10.30 = 140!. diketahui nilai Variasi = -30 dan
Deviasi = + 20 . Hitung dan lukislah posisi kapal pada pukul 10.30.
PenunjukanTopdal pukul 10.00 = 134! dan pukul 10.30 = 140!. diketahui nilai Variasi = -30 dan
Deviasi = + 20 . Hitung dan lukislah posisi kapal pada pukul 10.30.
12. Kapal berlayar dengan haluan 810 , pada pukul 10.00
dibaring Pulau Ali 3540, kemudian pada pukul
10.30 Pulau Ali dibaring lagi 3030. Penunjukan Topdal pukul 10.00 = 134! dan pukul 10.30 = 140!. Diketahui nilai
Variasi = -30
dan
Deviasi = + 20
. Hitung
dan lukislah posisi kapal pada pukul 10.30.
13. Tulislah
arti Aba-aba Kemudi berikut ini :
Midship :
Steady :
Steady as she goes :
Port five :
Starboard ten :
Hard to port :
Hard to Starboard :
Port easy :
Starboard Easy :
Nothing to Port :
Nothing to Starboard :
Heading 1000 :
Meet her/ check Her :
Half Port/ Star Board :
14. Jelaskan
makna kode internasional yang berkaitan dengan berita cuaca:
a. YY
GG IW
b. 99
la la la
c. VV
ww W
15. Sebuah pesawat terbang di udara
mengalami tekanan udara 600 m dan temperatur pada saat itu 00 C. Diketahui tekanan
udara dipermukaan bumi = 1000 mb dan temperatur pada saat itu 300 C, berapa meter
pesawat tersebut terbang diatas permukaan bumi.
16 Jelaskan yang dimaksud dengan:
a. Kelembaban
Relatif atau Basah Udara Relatif
b. Kelembaban
Absolut ( mutlak ) atau Basah Udara Absolut c. Kelembaban
Spesifik ( istimewa ) atau Basah Udara Spesifik
d. Kelembaban Campuran atau Basah Udara Campuran
d. Kelembaban Campuran atau Basah Udara Campuran
17. Pengamatan
cuaca dilaut dilakukan dengan menggunakan kapal dapat diklasifikasikan
menjadi 3 (tiga) yaitu : Selective
skip, Auxillary skip, dan Suplementary skip.
Jelaskan pengertian ketiganya !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar