"SELAMAT DATANG DI BLOG SMK PELAYARAN WIRA SAMUDERA"
Alamat :
Jl. Kokrosono No. 70-A Semarang - Kode Pos 50179 - Telp./Faks. (024) 3559552
Kota Semarang - Jawa Tengah

Selasa, 13 Maret 2012

SOAL-SOAL NAUTIKA


1. Nilai Variasi dipeta untuk tahun 1991 adalah 20 T. Perubahan tahunannya ialah 12! T. Hitunglah nilai Variasi untuk tahun tahun 2002, 2005 dan 2007.

2. Nilai Variasi dipeta untuk tahun 1991 ialah 20 B. Increasing annually 10!. Hitunglah nilai nilai Variasi untuk tahun tahun 1995,1999, 2003, dan 2007.

3. Nilai Variasi dipeta untuk tahun 1993 ialah 10. Decreasing annually 18!. Hitunglah nilai nilai Variasi tahun tahun 1968, 2002, 2007, dan 2005.

4. Hitunglah Sembir, bila diketahui :
a. V = - 20 , D = - 40 d. V = + 20 , D = + 30
b. V = - 30 , D = + 20 e. V = + 30 , D = - 10
c. V = - 20 , D = - 50 f. V = + 10 , D = - 40
Lukislah pula keadaan keadaan tersebut.

5. Carilah Variasi dengan perhitungan dan lukisan, jika diketahui :
a. Sembir= - 20, D= - 30 d. Sembi = +30, D= + 40
b. Sembir= - 20, D= +10 e. Sembir= +30, D= -10
c. Sembir= - 20, D=+ 30 f. Sembir= + 3, D = - 50

6. Carilah Deviasi dengan perhitungan dan lukisan, jika diketahui :
a. Sembir= - 40, V= - 20 d. Sembir= +20,V = + 60
b. Sembir= -30, V= + 20 e. Sembir= +30 ,V = - 20
c. Sembir= -20, V= + 6 f. Sembir= +10, V = - 40
7. Carilah Hp dan Hm dan Sembir dengan perhitungan dan lukisan bila diketahui :
a. Hs = 0960 V = +30 D = - 20
b. Hs = 3580 V = - 20 D = - 40
c.Hs = 0310 V = +60 D = - 30
d. Hs = 2630 V = +10 D = 00
8. Diketahui Hs yang diperoleh = 2500 , var = 50 Barat dan dev = + 50 ,Rimban pada angin Barat Laut = 100. Hitunglah Haluan Pedoman (Hp) yang dikemudikan.

9. Kapal berlayar dengan haluan 0100 diperairan teluk Jakarta. Pada pukul 10.00 dibaring P. Damar Besar 3020 dan bersamaan itu dalamnya air diperum 24,6 meter. Diketahui nilai Variasi = - 20 dan Deviasi = + 50.
Hitung dan lukislah posisi kapal (Daftar pasang surut untuk Tg. Priok didapat tinggi pasang untuk hari itu pukul 10.00 = 0,8 meter10. Kapal berlayar dengan haluan sejati 3350, diketahui nilai Variasi = 10 Timur (T) dan Deviasi = + 20. Kemudian pada jam 17.00 membaring lampu suar Berhala dengan Baringan Pedoman = 3120, kemudian pada saat yang sama membaring Tanjung Jabung dengan Baringan Pedoman = 2620. Hitung dan lukislah posisi kapal pada jam 17.00.

11. Kapal berlayar dengan haluan 810 , pada pukul 10.00 dibaring Pulau Ali 3540, kemudian pada pukul 10.30 Pulau Ali dibaring lagi 3030  
PenunjukanTopdal pukul 10.00 = 134! dan pukul 10.30 = 140!. diketahui nilai Variasi = -30 dan 
Deviasi = + 20 . Hitung dan lukislah posisi kapal pada pukul 10.30.

12. Kapal berlayar dengan haluan 810 , pada pukul 10.00 dibaring Pulau Ali 3540, kemudian pada pukul 10.30 Pulau Ali dibaring lagi 3030. Penunjukan Topdal pukul 10.00 = 134! dan pukul 10.30 = 140!. Diketahui nilai Variasi = -30 dan Deviasi = + 20 . Hitung dan lukislah posisi kapal pada pukul 10.30.

13. Tulislah arti Aba-aba Kemudi berikut ini :
Midship                        :
Steady                         :
Steady as she goes    :
Port five                      :
Starboard ten              :
Hard to port                 :
Hard to Starboard       :
Port easy                     :
Starboard Easy           :
Nothing to Port            :
Nothing to Starboard   :
Heading 1000                   :
Meet her/ check Her   :
Half Port/ Star Board :

14. Jelaskan makna kode internasional yang berkaitan dengan berita cuaca:
a. YY GG IW
b. 99 la la la
c. VV ww W
15. Sebuah pesawat terbang di udara mengalami tekanan udara 600 m dan temperatur pada saat itu 00 C. Diketahui tekanan udara dipermukaan bumi = 1000 mb dan temperatur pada saat itu 300 C, berapa meter pesawat tersebut terbang diatas permukaan bumi.

16 Jelaskan yang dimaksud dengan:
          a. Kelembaban Relatif atau Basah Udara Relatif
          b. Kelembaban Absolut ( mutlak ) atau Basah Udara Absolut          c. Kelembaban Spesifik ( istimewa ) atau Basah Udara Spesifik
          d. Kelembaban Campuran atau Basah Udara Campuran
17. Pengamatan cuaca dilaut dilakukan dengan menggunakan kapal dapat diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) yaitu : Selective skip, Auxillary skip,  dan Suplementary skip.
Jelaskan pengertian ketiganya !



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar