"SELAMAT DATANG DI BLOG SMK PELAYARAN WIRA SAMUDERA"
Alamat :
Jl. Kokrosono No. 70-A Semarang - Kode Pos 50179 - Telp./Faks. (024) 3559552
Kota Semarang - Jawa Tengah

Rabu, 21 Maret 2012

GMT+8

Koran yang saya baca kemarin menyatakan bahwa pemerintah akan menetapkan waktu internasional indonesia menjadi GMT+8. GMT atau greenwich mean time atau UTC (universal time coordinate) adalah penandaan waktu berdasarkan garis bujur ke nol. Selama ini pembagian tiga waktu di Indonesia merupakan faktor penghambat pembangunan nasional sehingga pembangunan di setiap wilayah yang terbagi menjadi tiga region yaitu barat, tengah, dan timur tidak memberi pemerataan bagi seluruh warga Indonesia di negara kepulauan nusantara ini.

Dengan penanggalan yang sama apalagi dengan koordinat GMT+8 maka Indonesia nantinya akan sewaktu dengan Malaysia, Thailand, Hongkong dan lain-lain sehingga tidak terpotong waktu transaksi saat terjadi antar kontinen atau antarnegara karena keterlambatan waktu satu jam (sebagaimana waktu indonesia bagian barat dalam koordinat GMT+7).

Mudah-mudahan saja upaya pemerintah ini semakin menggairahkan pembangunan dengan penyamaan waktu dari Sabang sampai Merauke dengan lebar bujur 94 – 141 derajat timur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar