"SELAMAT DATANG DI BLOG SMK PELAYARAN WIRA SAMUDERA"
Alamat :
Jl. Kokrosono No. 70-A Semarang - Kode Pos 50179 - Telp./Faks. (024) 3559552
Kota Semarang - Jawa Tengah

Minggu, 18 Maret 2012

SISTEM DEKOMPRESI MESIN DIESEL PENGGERAK GENERATOR LISTRIK



Gambar 9 Sistem Dekompresi Diesel 4 Tak Selinder Tunggal
Selain mekanisme katup seperti disebutkan di atas, motor diesel generator 4 tak biasanya juga dilengkapi dengan sistem dekompresi yang berfungsi untuk membocorkan atau mengurangi tekanan kompresi saat start awal dengan cara menekan / membuka katup, sehingga pemutaran engkol menjadi lebih ringan.
Cara kerja sistem dekompresi yaitu : saat tuas dekompresi ditarik bagian penekan katup menekan katup sehingga terbuka. Bila saat tersebut adalah langkah kompresi maka tekanan kompresi akan bocor melalui katup yang terbuka. Dengan demikian tenaga yang dibutuhkan untuk memutar engkol starter relatif lebih kecil dan ringan.

Sistem Pemasukan Udara dan Pembuangan Gas Sisa Pembakaran.

Sistem pemasukan udara ini berfungsi untuk menyalurkan udara murni ke dalam ruang bakar pada saat langkah hisap. Jumlah dan kualitas udara yang akan masuk ke dalam selinder (ruang bakar) sangat penting bagi kinerja motor diesel generator. Hal itu salah satunya dipengaruhi oleh kondisi dan bentuk saringan udara (air-cleaner). Untuk itulah pemilihan tipe saringan udara (air-cleaner) dan pemeriksaan terhadap kondisi saringan udara penting dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menjamin agar jumlah dan kualitas udara yang masuk ke ruang bakar selalu sesuai dengan tuntutan kerja motor diesel yang bersangkutan. Pemilihan tipe saringan udara tersebut bisanya disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat instalasi motor diesel generator tersebut. Akan tetapi biasanya spesifikasi atau jenis saringan udara untuk suatu motor diesel generator sudah ditentukan oleh buku manual pemakaian (reparasi dan pemeliharaan).
Motor diesel 4 tak berselinder tunggal, tipe saringan udara yang umum digunakan yaitu : (a). Tipe Elemen Kain (Cloth Elemen Air Cleaner), (b). Tipe Elemen Kertas (Paper Elemen Cyclone Air Cleaner), dan (c). Tipe Saringan Terendam Minyak (Oil Bath Air Cleaner). Gambar-gambar berikut ini akan memberikan ilustrasi tentang saluran pemasukan dan pembuangan yang umum digunakan pada motor diesel horizontal 4 tak berpendingin air.

Gambar 10 Tipe-tipe saringan udara motor diesel penggerak generator
Saluran pembuangan yang juga lebih dikenal dengan istilah knalpot pada motor diesel berfungsi untuk menyalurkan gas bekas sisa pembakaran ke udara luar dan sekaligus berfungsi sebagai peredam getaran akibat ledakan pembakaran serta tekanan gas buang. Fungsi sebagai peredam getaran ini sangat penting, mengingat getaran yang berlebihan dapat mempercepat keausan komponen-komponen motor itu sendiri
Sumber : http://anton-rivai.blogspot.com/2011/12/sistem-dekompresi-mesin-diesel.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar