Selain mekanisme katup seperti disebutkan di atas, motor diesel
generator 4 tak biasanya juga dilengkapi dengan sistem dekompresi yang
berfungsi untuk membocorkan atau mengurangi tekanan kompresi saat start
awal dengan cara menekan / membuka katup, sehingga pemutaran engkol
menjadi lebih ringan.
Cara kerja sistem dekompresi yaitu : saat tuas dekompresi ditarik bagian penekan katup menekan katup sehingga terbuka. Bila saat tersebut adalah langkah kompresi maka tekanan kompresi akan bocor melalui katup yang terbuka. Dengan demikian tenaga yang dibutuhkan untuk memutar engkol starter relatif lebih kecil dan ringan.
Cara kerja sistem dekompresi yaitu : saat tuas dekompresi ditarik bagian penekan katup menekan katup sehingga terbuka. Bila saat tersebut adalah langkah kompresi maka tekanan kompresi akan bocor melalui katup yang terbuka. Dengan demikian tenaga yang dibutuhkan untuk memutar engkol starter relatif lebih kecil dan ringan.
Sistem Pemasukan Udara dan Pembuangan Gas Sisa Pembakaran.
Sistem pemasukan udara ini berfungsi untuk menyalurkan udara murni ke
dalam ruang bakar pada saat langkah hisap. Jumlah dan kualitas udara
yang akan masuk ke dalam selinder (ruang bakar) sangat penting bagi
kinerja motor diesel generator. Hal itu salah satunya dipengaruhi oleh
kondisi dan bentuk saringan udara (air-cleaner). Untuk itulah pemilihan
tipe saringan udara (air-cleaner) dan pemeriksaan terhadap kondisi
saringan udara penting dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menjamin agar
jumlah dan kualitas udara yang masuk ke ruang bakar selalu sesuai dengan
tuntutan kerja motor diesel yang bersangkutan. Pemilihan tipe saringan
udara tersebut bisanya disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat
instalasi motor diesel generator tersebut. Akan tetapi biasanya
spesifikasi atau jenis saringan udara untuk suatu motor diesel generator
sudah ditentukan oleh buku manual pemakaian (reparasi dan
pemeliharaan).
Motor diesel 4 tak berselinder tunggal, tipe saringan udara yang umum digunakan yaitu : (a). Tipe Elemen Kain (Cloth Elemen Air Cleaner), (b). Tipe Elemen Kertas (Paper Elemen Cyclone Air Cleaner), dan (c). Tipe Saringan Terendam Minyak (Oil Bath Air Cleaner). Gambar-gambar berikut ini akan memberikan ilustrasi tentang saluran pemasukan dan pembuangan yang umum digunakan pada motor diesel horizontal 4 tak berpendingin air.
Motor diesel 4 tak berselinder tunggal, tipe saringan udara yang umum digunakan yaitu : (a). Tipe Elemen Kain (Cloth Elemen Air Cleaner), (b). Tipe Elemen Kertas (Paper Elemen Cyclone Air Cleaner), dan (c). Tipe Saringan Terendam Minyak (Oil Bath Air Cleaner). Gambar-gambar berikut ini akan memberikan ilustrasi tentang saluran pemasukan dan pembuangan yang umum digunakan pada motor diesel horizontal 4 tak berpendingin air.
Saluran pembuangan yang juga lebih dikenal dengan istilah knalpot pada
motor diesel berfungsi untuk menyalurkan gas bekas sisa pembakaran ke
udara luar dan sekaligus berfungsi sebagai peredam getaran akibat
ledakan pembakaran serta tekanan gas buang. Fungsi sebagai peredam
getaran ini sangat penting, mengingat getaran yang berlebihan dapat
mempercepat keausan komponen-komponen motor itu sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar