"SELAMAT DATANG DI BLOG SMK PELAYARAN WIRA SAMUDERA"
Alamat :
Jl. Kokrosono No. 70-A Semarang - Kode Pos 50179 - Telp./Faks. (024) 3559552
Kota Semarang - Jawa Tengah

Kamis, 03 Juli 2014

MAKNA LOGO SATUAN BATALYON TARUNA

MAKNA LOGO SATUAN BATALYON TARUNA
"TIRTA AMERTA WIRA BRATA"
SMK PELAYARAN WIRA SAMUDERA




(1)               Lambang Satuan Batalyon Taruna terdiri dari :
a.      Lambang BINTANG bersudut lima berwarna kuning disebut “OCEAN STAR”, bermakna:
                                                i.          bahwa Pancasila sebagai landasan idiil berdirinya Organisasi Satuan Batalyon Taruna.
                                              ii.          bahwa anggota Satuan Batalyon Taruna adalah manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa atas dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
                                            iii.          bahwa anggota Satuan Batalyon Taruna dituntut mampu menjadi teladan dan panutan masyarakat, serta mampu memberi cahaya dunia pelayaran yaitu sebagai Bintang Samudera;
                                            iv.          bahwa organisasi Satuan Batalyon Taruna bercita-cita mewujudkan kebesaran, kejayaan, dan kewibawaan almamater, nusa dan bangsa;
b.      Lambang RANTAI berwarna hitam yang disebut “CHAINS OF UNITY”, bermakna:
i.          bahwa anggota Satuan Batalyon Taruna memiliki ikatan  persatuan, kesatuan, dan kekeluargaan yang sangat kuat, serta menjunjung tinggi kebhinekaan yang didasarkan pada jiwa korsa dan semangat ultra-institusionalis, diantara satu anggota dengan anggota yang lain, dan diantara satu angkatan dengan angkatan yang lain.
ii.        bahwa dalam hal peralihan kepemimpinan, Satuan Batalyon Taruna menganut Sistem “On-going Leadership Transition”, dengan demikian kepemimpinan Satuan Batalyon Taruna merupakan kelanjutan atau kesinambungan dari kepemimpinan sebelumnya. Staf Batalyon Taruna akan melahirkan Staf Batalyon Taruna berikutnya.    
c.       Lambang KEMUDI berwarna merah hati, yang disebut “AUTOMATIC STEERING” bermakna:
i.        bahwa taruna-taruni berada pada bahtera yang sama, yaitu almamater SMK Pelayaran Wira Samudera. Oleh sebab itu secara otomatis mereka sadar bahwa sebagai taruna mereka harus (a) tunduk dan patuh kepada peraturan yang berlaku, (b) taat, hormat, dan setia  kepada pimpinan atau atasan, (c) menjunjung tinggi Sapta Prasetya, Ikrar Citra Diri, dan Tri Sila Taruna.
ii.      bahwa taruna-taruni berada pada Bahtera yang sama, dan mereka berlayar (berjuang) bersama, dengan haluan/arah yang sama, serta menuju tempat tujuan (cita-cita) yang sama pula (mewujudkan visi dan misi) di bawah kepemimpinan Nakhoda.
iii.    bahwa anggota Satuan Batalyon Taruna menggunakan peraturan sebagai kemudi dalam setiap langkah kehidupan  untuk mengatur arah perjalanan (perjuangan)-nya agar tidak keluar dari haluan yang telah ditentukan. Jadi dalam hal ini kemudi melambangkan peraturan.
iv.    bahwa kemudi pada lambang tersebut juga bermakna Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Niaga
d.      Lambang GEAR berwarna merah hati yang disebut “ADVENTURE GEAR bermakna:
i.        Bahwa perjuangan Satuan Batalyon Taruna akan terus berlangsung, penuh semangat, tidak mengenal lelah, dinamis dan penuh pembaharuan, selalu menuju ke depan, ke arah yang lebih baik.
ii.      Bahwa Satuan Batalyon Taruna berfungsi sebagai penggerak kegiatan dan organisasi ketarunaan yang lain. Jika Satuan Batalyon Taruna sudah bergerak maka yang  lain juga akan ikut bergerak.
iii.    Bahwa gear pada lambang tersebut juga bermakna Kompetensi Keahlian Teknika Kapal Niaga
e.      Lambang BUKU TERBUKA  berwarna putih, yang disebut “THE BOOK OF MANDATES, bermakna:
                                            i.              Bahwa anggota Satuan Batalyon Taruna yang berasal dari seluruh penjuru tanah air mengemban amanah dengan tulus-iklas menggali ilmu dan teknologi sedalam-dalamnya dan mengaplikasikan untuk kepentingan masyarakat luas,  sebagai wujud darma baktinya kepada nusa, bangsa, dan negara.
                                          ii.              Bahwa setiap anggota Satuan Batalyon Taruna sadar bahwa buku adalah sumber ilmu dan sumber pengetahuan. Setiap anggota Satuan Batalyon Taruna secara sadar harus menjadikan membaca dan belajar sebagai budaya hidup mereka, dengan semboyan “Life Long Education, Pendidikan Sepanjang Hayat”
                                        iii.              bahwa 4 (empat) garis pada tiap setiap halaman pada lambang buku tersebut melambangkan 4 macam kompetensi yang harus dimiliki setiap anggota yaitu (1) kompetensi intelektual, (2) kompetensi mental-spiritual, (3) kompetensi sosio-emosional, dan (4) kompetensi kinestetik.
f.        Lambang DUA PEDANG BERSILANGAN berwarna kuning yang disebut dengan “SWORDS OF JUSTICE, mengandung makna sebagai berikut:
                                              i.            bahwa anggota Satuan Batalyon Taruna adalah manusia yang berjiwa kesatria yang teguh dan kukuh dalam menegakkan kebenaran dan keadilan, patriot bangsa yang gagah berani, generasi muda perintis pemimpin. Jiwa kesatria dan patriot bangsa bagi anggota Satuan Batalyon Taruna menyatu dengan denyut nadi dan aliran darah mereka.
                                            ii.            bahwa anggota Satuan Batalyon Taruna siap mewujudkan sekolah yang berketahanan atas dasar Wawasan Wiyata Mandala, siaga penuh sepanjang waktu, dan siap menghadapi segala gangguan, hambatan, rintangan, dan tantangan yang berasal dari dalam maupun dari luar.
                                          iii.            bahwa anggota Satuan Batalyon Taruna adalah manusia setia bakti dan luhur budi, pantang berkata “Tidak” untuk melaksanakan tugas dan darma baktinya, intoleran terhadap kejahatan dan tindakan tidak bermoral. Anggota Satuan Batalyon Taruna mampu memisahkan antara sesuatu yang baik dari yang buruk, yang benar dari yang salah, yang suci dari yang kotor/najis, yang bermoral dari  yang tidak bermoral (pemisah antara garis verikal dan horizontal)
                                          iv.            bahwa anggota Satuan Batalyon Taruna mampu menyeimbangkan antara kebutuhan hidup jasmaniah dan kebutuhan hidup rohaniah.
g.      Lambang JANGKAR berwarna kuning dan disebut “PROTECTIVE ANCHOR” bermakna:
                                                i.          bahwa Satuan Batalyon Taruna adalah organisasi yang berdiri kokoh di atas satu dasar yaitu konsistensi diri para anggotanya di dalam memegang teguh Sapta Prasetya, Ikrar Citra Diri, dan  Tri Sila Taruna. Anggota Satuan Batalyon Taruna tidak hanya kokoh dan kuat dalam memegang prinsip dan pendiriannya, namun mampu menjadi pengayom dan pegangan yang kuat bagi orang lain. 
                                              ii.          bahwa Satuan Batalyon Taruna memiliki budaya dan tata nilai ketarunaan yang berasal/digali dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dan nilai-nilai budaya maritim, khususnya maritim nasional. Nilai-nilai tersebut kemudian dijiwai menjadi Nilai Integritas Taruna SMK Pelayaran Wira Samudera, sebagai wujud keutuhan prinsip moral dan etika taruna didik di dalam kehidupannya sebagai masyarakat intelektual dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
                                            iii.          bahwa Satuan Batalyon Taruna memandang karakter anggotanya sebagai modal dasar dan landasan dalam membangun generasi muda Indonesia menjadi  Generasi Berkarakter Nasionalisme Bahari (GKNB). GKNB adalah generasi muda yang nasionalismenya mampu menyatu bagaikan air, tanpa mengenal identitas kelompok, serta mempunyai keimanan yang teguh dan kokoh bagaikan tegaknya karang di laut, yang tidak tergoyahkan oleh hempasan ombak dan gelombang.  Harapannya adalah almamater SMK Pelayaran Wira Samudera mampu melahirkan calon-calon pemimpin bangsa yang berwawasan bahari dan memiliki visi maritim.
                                            iv.          bahwa tempaan di laut menjadikan manusia lebih berani, ulet, teguh dan tekun dalam menempuh cita-cita yang mulia, serta sadar bahwa segala sesuatu mengenai perjalanannya telah terencana dengan seksama; baik tujuan, arah dan waktu tempuhnya, maupun rezeki yang menjadi haknya. Tempaan di laut menjadikan manusia akan menghargai hidupnya, menghargai hidup orang lain dan lingkungannya, memiliki kesetiakawanan sosial yang tinggi, tanpa pernah mengungkit latar belakang suku, agama atau ras-nya. 
h.      Lambang SEPASANG SAYAP berwarna kuning emas dengan jumlah bulu masing-masing empat helai, yang disebut “WINGS OF FAITH” bermakna:
                                              i.            bahwa Satuan Batalyon Taruna memiliki untaian kewajiban mengantarkan anggotanya mencapai cita-citanya dan mencapai kejayaan berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai perwira kapal niaga pada Sertifikat Kompetensi Ahli Nautika Tingkat IV atau Ahli Teknika Tingkat  IV.
                                            ii.            Bahwa Satuan Batalyon Taruna dalam mewujudkan cita-citanya diarahkan untuk mencapai empat kompetensi, yang tergambar pada setiap sayap yang memiliki empat helai bulu. Sayap yang berbulu empat itu menggambarkan semangat dan dinamika Satuan Batalyon Taruna yang memanivestasikan sepak terjang, sikap dan cara berfikir yang dijiwai oleh empat kompetensi di atas.
                                          iii.            Bahwa Satuan Batalyon Taruna berkewajiban selalu instropeksi diri, melakukan perbaikan, dan meningkatkan mutu kegiatan, sehingga citra positif di mata bangsa, negara, dan masyarakat internasional yang semakin tinggi.
i.        Lambang PITA biru laut bertuliskan SPM Wira Samudera (SPM = Sekolah Pelayaran Menengah) bermakna bahwa: Satuan Batalyon Taruna di bawah  naungan SMK Pelayaran (SPM) Wira Samudera turut serta mewujudkan cita-cita dan tujuan almamater, selalu mengabdikan diri untuk kepentingan almamater, bangsa, dan negara. Dengan kata lain Satuan Batalyon Taruna dalam manifestasi gerak perjuangannya didasarkan pada keberanian, kebenaran, dan kesucian demi mewujudkan kejayaan Bangsa dan Negara Republik Indonesia sebagai Negara Bahari.
j.        Lambang PITA biru laut bertuliskan TIRTA AMERTA WIRA BRATA berwarna kuning emas, disebut “PEACE RIBBON” menunjukkan Nama Satuan Batalyon Taruna SMK Pelayaran Wira Samudera.
Satuan Batalyon Taruna adalah himpunan (korps) cinta-damai taruna-taruni SMK Pelayaran Wira Samudera yang terorganisasikan dalam bentuk kesatuan untuk mencapai tujuan dan mewujudkan cita-cita bersama, dilandasi rasa  sehati-sejiwa, senasib-sepenanggungan, sekarya/seprofesi-seperjuangan; rela mengikatkan dirinya pada organisasi melalui sumpah/janji-setia; bertekad bulat mendarma-baktikan jiwa-raga dan seluruh kemampuan yang dimilikinya, demi kebesaran dan kejayaan Bangsa, Negara dan Almamater, sebagaimana Nama yang tercantum pada pita tersebut.
k.      Makna Warna pada Lambang :
i.        Warna Putih bermakna kesucian, ketulusan, dan keluhuran
ii.      Warna Hitam bermakna kekekalan, keteguhan
iii.    Warna Merah bermakna berani, bersemangat, aktif, dan kreatif
iv.    Warna Kuning Emas bermakna kejayaan, keagungan/ kebesaran
v.      Warna Biru bermakna kedamaian, dan transendental

ooo0ooo











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar